Selasa, 28 Mei 2013

Contoh Bab I Tesis



Hubungan Kecapi Roh Kudus Terhadap Pertumbuhan Iman Peserta Didik di SMA Pohon Kelapa

BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah


Pertumbuhan iman tidak lain yakni adanya perubahan-perubahan yang teralami dalam diri setiap orang Kristen. Perubahan itu seperti: semangat berdoa, semangat memuji Tuhan baik dengan not atau tanpa not (pujian dari hati yang terucap dalam mulut pada saat beribadah), sebuah pengalaman kelompok Kristen karismatik. Dulu dosenku mengajar aku menyanyi tanpa not. Kebetulan saya dari denominasi Calvinis. Sang dosen it uterus member ajaran dan dorongan untuk masuk dalam pujian penyembahan dengan menyanyikan lagu-lagu karangan sendiri, yang saya sebut dengan nyanyian tanpa not. Teman-teman mahasiswa pada waktu itu menyanyi dengan sangat menikmati. Saya hanya terdiam saja karena belum biasa. Pertumbuhan iman itu tidak hanya pada dua unsure yang telah disebutkan, masih banyak lagi indicator-indikator pertumbuhan iman. Fokus perhatian disini adalah pada lagu-lagu yang dalam judul penelitian ini disebut dengan istilah “kecapi Roh Kudus”. Istilah ini merupakan istilah teknis teologis yang penulis pakai untuk menunjuk pada orang-orang Kristen dari segala zaman yang diilhami Roh Kudus untuk mengarang lagu-lagu rohani Kristen. Lagu-lagu Kristen itu ada yang memiliki nilai pendidikan yang berdampak positif dan signifikan terhadap pertumbuhan iman.
Suatu saat penulis berada di Kalimantan, tepatnya di sungai pinyu. Pada waktu itu hendak mengambil uang dari ATM. Ketika tiba di lokasi ternyata listrik padam, penulis harus menunggu, kira-kira mulai jam 09.00 pagi sampai jam 3 sore, persiapan waktu itu tidak cukup untuk kembali ke sebuah kota yang harus ditempuh selama 2 jam. Sangat melelahkan, ingin maka tapi kuatir tidak punya untuk transport kembali ke tempat tujuan. Sambil menanti ATM beroperasi, ada mahasiswa yang lewat, ingin meminta tolong tapi rasanya tidak pantas, niat itu diurungkan. Jam 3 ATM bisa beroperasi karena listrik kembali berfungsi. Setelah mengambil uang kemudian kembali ke kota tujuan, dalam perjalanan muncul dalam hati syair-syair seperti ini:
Apapun juga menimpamu Tuhan pelihara … (dst), sebuah syair lagu yang dikenal dalam buku nyanyian KJ (Kidung Jemaat). Penulis mengalami semangat dari syair lagu ini. Lagu ini mendidik tentang pemeliharaan Tuhan bagi orang-orang percaya. Ada pula syair yang lain:

Sandaranku tiada yang lain melainkan darah domba-Hu
Di atas Yesus Karangku, aku berdiri dan teguh
Dasar yang lain rebah runtuh
Segenap Amalku tiada yang lain melainkan darah domba-Hu
Di atas Yesus karangku, aku berdiri dan teguh
Dasar yang lain rebah runtuh.
Perbuatan baik tidak menentukan keselamatan, keselamatan itu karena Yesus Kristus yang telah member nyawa-Nya bagi keselamatan manusia dari dosa.

Apapun juga menimpa Tuhan peliharaku
….. sayang syair selanjutnya saya sudah lupa, akan tetapi kata-kata mengandung unsure didaktik yang mulia.
Fakta menunjukkan bahwa sekelompok orang bernyanyi tanpa menikmati makna syair yang terkandung dalam syair tersebut. Ada yang bernyanyi lagu-lagu Kristen sekedar bernyanyi. Ada pula yang bernyanyi jika ada air kata-kata. Maksudnya kalau ada minuman beralkohol. Orang-orang seperti ini mampu bernyanyi dari malam sampai subuh.
Inti masalah penelitian ini yaitu seberapa besar hubungan antara lagu-lagu Kristen dengan pertumbuhan iman peserta didik di SMA ……

Identifikasi Masalah

1.    Apakah kecapi Roh Kudus hanya terbatas pada syair lagu-lagu Kristen?
2.    Apakah kecapi Roh Kudus mempunyai hubungan dengan pertumbuhan iman peserta didik SMA Pohon Kelapa?
3.    Apakah ada hubungan Roh Kudus dengan syair-syair lagu Kristen
4.    Apakah setiap orang Kristen adalah kecapi Roh Kudus?
5.    Apakah nyanyian tanpa not adalah bagian dari kecapi Roh Kudus?
6.    Apakah nyanyian dengan not adalah bagian dari kecapi Roh Kudus?

 Batasan Masalah

Berdasarkan identifikasi masalah di atas Nampak bahwa ada banyak masalah  yang mempengaruhi variable pertumbuhan iman Peserta Didik SMA Pohon Kelapa. Masalah-masalah tersebut tidak dapat diselesaikan secara m,enyeluruh dalam penelitian ini. Hal ini disebabkan karena berbagai keterbatasan seperti: dana, tenaga dan biaya. Oleh karena itu penelitian ini hanya dibatasi pada variable no. 2 yaitu hubungan kecapi Roh Kudus dengan pertumbuhan iman peserta didik siswa SMA Pohon Kelapa.

Rumusan Masalah

Apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecapi Roh Kudus terhadap pertumbuhan iman peserta didik SMA Pohon Kelapa?

Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sejauh mana hubungan antara Kecapi Roh Kudus dengan pertumbuhan iman peserta didik SMA Pohon Kelapa

Pentingnya Penelitian

Penelitian ini berguna secara teoritis dan praktis. Secara teoritis, penelitian ini memberi kontribusi bagi pengembangan disiplin Ilmu PAK dalam bidang music gereja (nyanyian). Sedangkan secara praktis, penelitian ini berguna bagi penulis dan guru PAK lainnya yang akan mengadakan penelitian lanjutan terhadap hasil penelitian ini.


BAB II
LANDASAN TEORITIS-TEOLOGIS, KERANGKA BERPIKIR DAN PENGAJUAN HIPOTESIS


Landasan Teoritis

Kecapi Roh Kudus (X)
Pertumbuhan Iman ( Y)

Kerangka Berpikir

Pengajuan Hipotesis


Bahasan Bab II akan diposting dalam postingan berikutnya.
Semoga menginspirasi
Catatan:
SMA Pohon Kelapa adalah istilah semaran saja, tidak dalam arti sebenarnya karena tidak ada SMA Pohon Kelapa.
Belum memakai sumber-sumber (tidak ada fotenote), akan saya lengkapi kemudian
Selamat berkarya untuk para kecapi Roh Kudus di Seluruh Indonesia

Bila ada Komentar, silakan. Asal tidak mengandung SARA


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar