Bab II Kajian Teori Racun Kalajengking



BAB II
KAJIAN TEORITIS-TEOLOGIS, KERANGKA BERPIKIR DAN PENGAJUAN HIPOTESIS

A. Kajian Teoritis

1. Pengertian Racun Kalajengking
2. Jenis-jenis Kalajengking yang racunnya mematikan manusia
3. Jenis Kalajengking yang racunnya diambil untuk menjadi obat
4. Manfaat Racun kalajengking

Berbagai informasi yang diperoleh dari media online menyatakan bahwa tidak mudah mendapatkan racun kalajengking untuk digunakan sebagai obat. Kesulitan ini disebabkan karena untuk mendapat 1 liter racun kalajengking maka seseorang harus memelihara kalajengking yang relative banyak yaitu 200 ribu ekor. Menurut seorang ahli racun yang pernah meneliti racun yaitu Bora Inceoglu yang bekerja di Science News for Students, menyatakan bahwa dalam penelitiannya ia menemukan bahwa setiap kali seekor kalajengking mengeluarkan racunnya, hanya berkisar pada 5 mikroliter hingga 50 mikroliter racun.

Sedangkan menurut laporan Science Nature, diperkirakan satu ekor kalajengking hanya mengeluarkan 0,5 miligram racun. Jumlah ini tentu sangat sedikit bila dibandingkan dengan jumlah 1 liter yang memberi keuntungan ekonomis sebesar Rp 143 miliar. Mahalnya racun kalajengking ini tentu disebabkan karena untuk mendapatkan racun kalajengking dalam jumlah yang banyak, katakanlah 1 liter maka seseorang harus berjuang secara serius untuk memelihara kalajengking dalam jumlah yang relatih banyak. Itulah sebabnya racunkalajengking yang berkhasiat bagi manusia dalam hal: obat kanker dan penyakit mematikan lainnya Kesulitan Mendapatkan Racun Kalajengking.

Walaupun penelitian menunjukkan bahwa racun kalajengking memiliki potensi begitu besar sebagai obat . Namun cukup sulit untuk mendapatkan racun kalajengking. Adapun menurut laporan Science Nature, satu kalajengking rata-rata hanya bisa mengeluarkan hingga 0,5 miligram racun. Jika cairan racun kalajengking memiliki massa jenis 1 kilogram per liter alias 1 miligram per mikroliter seperti air, maka 0,5 miligram racun itu setara dengan 0,5 mikroliter. Jumlah 0,5 liter ini tentu saja masih sangatlah sedikit jika dibandingkan dengan jumlah 1 liter yang setara dengan 1 juta mikroliter. Kemudian, untuk mengenal racun kalajengking yang racunnya mematikan maka kita dapat memperhatikan ciri-ciri kalajengking yang racunnya mematikan sbb: 1. capitnya terlihat lemah, (2) bagian badan kurus namun bagian ekor gemuk. (berita kumparan.com)

B. Kerangka Berpikir
C. Pengajuan Hipotesis
D. Penelitian Yang Relevan
Previous Post
Next Post
Related Posts