Penelitian UTS dan UAS Online Berbasis Android di STT

Baru-baru ini, yaitu pada semester Januari-Mei 2018, saya mencoba memanfaatkan free weblog yang berbasis pada blogspot untuk melaksanakan UTS online bagi mahasiswa di STT tempat saya mengajar. 
Saya membuat 10 soal kemudian diposting di blog yang saya rancang khusus untuk UTS dan UAS. Soal berupa pilihan ganda, para mahasiswa dapat memilih jawaban yang tepat sesuai dengan opsi jawaban yang disediakan. Soal disusun berdasarkan tingkat kesukaran dan unsur filosofis yang membuat mahasiswa tidak secara gampang menjawab soal tetapi mereka harus berpikir secara teliti sebelum mencontreng pada pilihan jawaban yang tersedia.
Soal yang saya posting di blog menggunakan pasword. Pasword itu diberi kepada mahasiswa setelah ujian dimulai. Uniknya yakni mahasiswa dapat mengerjakan soal dengan menggunakan handphone Android (Hp Pintar). Mereka yang tidak memiliki Hp diperkenankan menggunakan laptop Ipad.
Setelah mahasiswa mengerjakan soal ujian, mereka harus berhenti sejenak. Dosen memeriksanya untuk memastikan bahwa mereka telah mengerjakan. Kemudian dianjutkan dengan instruksi dosen klik tombol "beri nilai" yang tersedia di bagian bawah soal. Ketika mahasiswa mengklik maka mereka langsung mengetahui nilai yang diperoleh. Dosen tidak lagi memeriksa karena sudah diatur jawabannya di fasilitas online yaitu  menggunakan fasilitas quis online yang bersifat free. Semuanya free, blog juga free, mengerjakan soal dan jawaban juga menggunakan fasilitas free. Ini tentu membutuhkan kesediaan dosen Teoogi untuk tidak minder menggunakan blog gratis dan kuiz gratis dalam proses pembelajaran.
Berikut suasana ujian Tengah Semester Online.

Seorang mahasiswa sedang Ujian Onine dengan menggunakan Ipad

Sementara yang lain menggunakan laptop dan Hp

Demikian informasi tentang UTS Online, UAS Online segera dilaksanakan pada Minggu kedua bulan Mei 2018. Dalam UAS Online, saya menggunaka 4 soal dengan bentuk Essay. Mahasiswa menjawab 4 soal, setelah itu klik tombol kirim. Selanjutnya saya memeriksa via email saya. Cara ini saya pilih untuk efesiensi kertas ujian. Hasilnya akan diberitahukan ke mahasiswa via media email mahasiswa.

Apakah Anda mau coba? Silakan kunjungi disini: UTS Online, isi pasword: uts1717  dan kerjakan soal dengan cara contreng. Kemudian klik tombol Kasih Nilai. Kemudian tunggu hasilnya. Kira-kira Anda dapat skor berapa: mulai dari 60 sampai 100. Ingat tombol kasih nilai ada dibagian kiri paling bawah setelah Soal Essay. Silakan klik untuk lihat nilai.

Untuk Guru-guru Agama Kristen yang mengajar di SD, SMP dan SMA/SMK/SMTK dapat meneliti dan menerapkan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Kita ingin mengalihkan penggunaan hp peserta didik pada nilai-nilai edukasi. Caranya rekan - rekan Guru Agama Kristen maupun dosen di STT membuat blog kemudian cara Quis Online. Setelah itu buat soal dan posting. Ingat pakai pasword. Jika belum bisa menggunakan pasword maka masukan soal ujian di laman blog kemudian klik save tanpa klik posting. Nanti pada waktu ujian dimulai, Anda bisa klik posting. Kemudian para siswa dapat membaca online dan mengerjakan soal tersebut.
Untuk para guru Sekolah Minggu yang ada di berbagai denominasi Gereja: Calvinis, Lutheran, Methodis, Baptis, Pentakosta dan Kharismatik yang ada di Indonesia, dapat menggunakan cara ini untuk menyusun kuiz untuk anak-anak Sekolah Minggu, mereka menjawab melalui Hp Android dan langsung mendapat nilai. Untuk membuat mereka bersemangat, beri hadiah bagi anak SM yang jawabannya mencapai skor terbaik diantara yang lain.

Demikian inofasi ini semoga menginspirasi.

Salam
@YMuanley
Previous Post
Next Post
Related Posts