Sekolah Tinggi Teologi Penyelenggara S1, S2 dan S3

Skripsi, Tesis dan Disertasi dikerjakan oleh mahasiswa tingkat akhir di sekolah Tinggi Teologi (STT) yang ada di berbagai propinsi di Indonesia, seperti:
1. Sekolah Tinggi Teologi (STT) Yang berada di wilayah Indonesia Bagian Timur
    a. Nusa Tenggara Timur (dulu masuk dalam wilayah Indonesia Timur, sekarang masuk di wilayah Selatan Indonesia) Silakan cari di Google
    b. Ambon
    c. Papua
    d. Sulawesi
2. Sekolah Tinggi Teologi (STT) Yang berada di wilayah Indonesia Bagian Barat
    a. Jawa
    b. Bali/Lombok: ada beberapa STT di Bali dan juga di Lombok
    c. Kalimantan
    d. Sumatera
3. Sekolah Tinggi Teologi (STT) Yang berada di wilayah Indonesia BagianTengah (dalam pembagian terkini, Indonesia Bagian Tengah menjadi hilang)
4. Sekolah Tinggi Teologi (STT) yang berada di wilayah Indonesia Bagian Utara
    a. Daerah Kalimantan yang berbatasan dengan Malaysia
5. Sekoah Tinggi Teologi (STT) yang berada di wilayah Indonesia Selatan 
    a. Nusa Tenggara Timur
Sekolah Teologi yang ada diberbagai wilayah di Indonesia dapat menyelenggarakan pendididkan Tinggi untuk strata S1 dengan kewajiban membuat Skripsi, Strata Dua dengan kewajiban membuat Tesis, dan Strata Tiga dengan kewajiban membuat Disertasi. tentu STT harus diakreditasi oleh BAN PT. Akreditasi Institusi dan Program Studi.

STT yang menyelenggarakan Pendidikan Teologi untuk jenjang S1 Teologi dan Pendidikan Agama Kristen tentu ada di berbagai wilayah, dan telah mendapat Akreditasi dari BAN PT, ada yang peringkat C dan B, namun ada pula yang telah mencapai Standar A. Untuk yang mendapat Akreditasi A belum terlalu banyak. Kebanyakan memili standar C, dan sedang berusaha untuk reakreditasi ke peringkat B dan A.
Untuk tingkat Magister Teologi (M.Th.) dan Magister Pendidikan Kristen (M.Pd.) juga rata-rata ada di STT yang tersebar di berbagai wilayah. Namun yang terakreditasi B sangat sedikit, yang banyak adalah peringkat C. Oleh karena itu STT sedang berusaha untuk reakreditasi ke peringakat B dan A.
Sedangkan untuk Program Doktor yang terakreditasi BAN PT juga sangat sedikit. Kalau sebelumnya yang mendapat izin operasiona untuk S3 memang banyak dan dapat menyelenggarakan ujian, namun sekarang harus menunggu setelah Akreditasi BAN PT.
Jadi, bila ada yang mendaftar S2 dan S3 di STT maka cek  dulu status akreditasinya. Apakah Akreditasi C, B dan A. Sebaiknya cari yang akreditasi B, lebih bagus kalau A. Namun pasti biayanya mahal.
Jika anda mendaftar di STT untuk program Magister dan Doktor, sebaiknya minta lihat Sertifikat Akreditasi, jika aslinya tidak bisa dilihat maka cukup foto copi dan jangan lupa cek di website BAN untuk Sekolah Tinggi yang terakreditasi. Pasti ada nama-nama STT yang terakreditasi muncul di sana.
Bila ingin lebih cepat mendapat informasi di google tentang status akreditas STT, lihat nomor atau tahun terbit SK Akreditasi dari STT yang diminati dan cari di google dengan kata kunci: Akreditasi Perguruan Tinggi Tahun .... (sesuai tahun terbit Akreditasi STT yang bersangkutan). Jika sudah dipastikan terakreditasi dengan peringkat yang baik maka silakan daftar dan ikuti tes masuk dan kuliah menyelesaikan program studi yang dikehendaki.
Bila keuangan tidak memungkinkan untuk masuk ke STT yang terakreditasi B maka Anda bisa mendaftar dan kuliah di STT yang terakreditasi C. Pasti akan ada usaha dari STT tersebut untuk mereakreditasi STT. Bila berhasil akreditasi ke peringakat B maka pasti berguna bagi Anda.
Kalau untuk yang mau jadi pegawai negeri sebaiknya cara STT yang akreditasi B dan A. Mengapa demikian? Karena ada ketentuan bahwa yang melamar menjadi pegawai negeri harus dari sekolah yang terakreditasi B.

Sekolah yang terakreditasi pasti memiliki fasilitas yang standar seperti menja kuliah pada gambar salah satu Program Magister Pendidikan yang terakreditasi BAN PT dengan peringkat Akreditasi B.


Nampak pada gambar di atas, ruang kuliah sesuai standar BAN PT, meja belajar yang lengkap dengan koneksi arus linstrik dan Wifi. Fasilitas demikian menyenangkan warga pembelajar ketika berlangsung proses interaksi dalam perkuliahan. Ruang ini tentu full AC. Inilah keuntungan bila mengikuti ketentuan Akreditasi BAN PT. Mahasiswa yang dihasilkan dari proses pembelajaran dengan fasilitas seperti ini tentu berbeda dengan yang lainnya. Pasti sekolah-sekolah Teologi Kristen sedang berupaya ke arah fasiitas pembelajaran yang lebih baik.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Salam
YM
Previous Post
Next Post
Related Posts