Dari Ditolak Berkali-kali ke Sukses Diterima Berkali-kali

Sore ini tepatnya pukul 18.10 menit, saya membuak email untuk menata sebuah blog saya. Saya meliahat ada email masuk yang dikirim oleh Google Adsense. Situs Anda kini Siap Menampilkan Iklan Adsense. Membaca pesan masuk demikian saya menjadi bergembira dan menunjukkan kegembiraan itu di depan isteri. Saya sangat bergembira karena blog ini pernah diajukan untuk didaftarkan ke Google Adsense, namun karena ada kesalahan maka blog ini ditolak. Jika sudah ditolak maka peluang menampilkan iklan menjadi agak sulit. Walau begitu, pihak GA akan memberi saran perbaikan. Dengan saran perbikan tersebut menjadi petunjuk untuk kita memperbaiki blog agar sesuai kebijakan google. Bila sudah selesai diperbaiki maka blog dapat diajukan lagi.


Saya mencoba melakukan beberapa perbaikan sesuai saran dan mengajukan lagi namun jawaban Adsense tetap sama yaitu ditolak karena tidak sesuai kebijakan. Saya melalukan perbaikan, termasuk manata template blog yang memiliki tombol navigasi yang didalammnya ada tombol Home, Kontak, About, Disclaimer, TOS, Privacy Policy, Sitemap dan beberapa tombol lainnya yang dapat memudahkan pengunjung blog. Setelah itu mengajaukan lagi ke Adsense, hasilnya tetap sama yaitu ditolak karena melanggar kebijakan Adsense.
Coba bayangkan saja, saya mendaftar Adsense mulai tahun 2012, dan memperbaiki dan mengirim beberapa kali di tahun 2012, lalu 2013-2018 hasilnya tetap sama. memasuki tahun 2019, saya mengganti alamat email dan mendafar pada akun google Adsense yang sudah disetujui pada malam 21 Februari 2019 dan diterima pada tanggal 22 Februari 2019 pukul 18.10 WIB. Jadi,pengajuannya dan persetujuan hanya selang waktu 1 hari, dalam hal ini google menyatakan paling cepat 1 hari tetapi bisa juga beberapa minggu. Hal ini bergantung blog yang kita ajukan.

Blog yang saya ajukan dan diterima untuk menerbitkan iklan adsense sebagaimana yang anda lihat sekarang adalah blog yang pernah ditolak berkali-kali selama 6 tahun, baru diterima tahun ke-7 (2019). Selama menjalani masa penolakan itu, saya berjuang dan berjuang untuk memposting artikel sebanyak-banyaknya dan berguna bagi pembaca. Setiap artikel saya pastikan di atas 300 kata. Jadi, setelah mengetik secara langsung di halaman blog lalu saya kopi paste ke word untuk mengetahui jumlah kata.


Pada malam tanggal 21 Februari 2019, saya memindahkan blog ini ke email lain atau mengganti email blog menjadi Admin, lalu email pertama saya hapus. Silakan pelajari cara mengganti email blog yang akan dijadikan sebagai blog yang ddaftarkan ke Adsense. Saya lakukan penggantian email blog karena email dari blog ini pernah diajukan dan punya akun google Adsense namun statusnya ditolak. Jadi, untuk menerbitkan iklan di blog ini saya harus mengganti email blog. Saya mulai berusaha mengganti email blog berdasarkan petunjuk yang saya dapat di internet. Petunjuk itu saya lakukan secara baik namun sampai pada tahap "mengganti email kedua menjadi Admin saya mengalami kesulitan karena tidak ada panah yang memberi tanda untuk mengadakan pergantian. Hal ini disebabkan karena saya menggunakan template pihak ketiga (template blogger), saya kemudian meninggalkan laman blog dan berusaha masuk kembali ke laman blog. Akhirnya tanpa diduga, saya sengaja klik pengarang, lalu muncul tanda untuk mengganti dari pengarang ke Admin. Saya lakukan pergantian tersebut, email baru yang didaftarkan ke blog yang ditolak berhasil diubah ke posisi Admin, kemudian email lama saya hapus. Lalu saya masuk ke Google Cosele untuk menghapus blog yang didaftarkan di Google Consele. tetapi harus diingat, ini proses terakhir. Artinya kita harus memastikan bahwa proses memindahkan pergantian email blog sudah selesai yaitu dengan mengganti email baru ke posisi Admin, dan email lama dihapus dengan cara klik tanda silang. Setelah hapus email pertama, sekarang blog kita sudah berpindah secara penuh ke email baru. Artinya kita bisa posting dan edit di blog yang sudah mengalami pergantian email.

Pesan yang saya mau sampaikan disini yakni "ditolak berkali-kali dan berlangsung dalam waktu yang relatif lama", kita tetap bersemangat menata blog dan memposting artikel. Paling tidak pengunjung sudah lumayan banyak. Dengan demikian pada waktu dipindahkan ke email blog yang sudah diterima Google Adsense maka kita mendapat keuntungan karena blog kita sudah memiliki banyak pengunjung. Pelajaran terindah yaitu "jangan patah semangat ketika permohonan kita ditolak berkali-kali, Tetap berjuang dengan keyakinan bahwa suatu saat pasti berhasil atas perjuangan tersebut. Ini bukan teoir atau sekadar omong kosong tetapi pengalaman saya sendiri.

Semoga bermanfaat bagi Anda yang berjuang dalam karya ilmiah maupun dalam perjuangan di Adsense.

Salam

Yonas Muanley
Previous Post
Next Post
Related Posts