Contoh Bab I Karya Ilmiah Mahasiswa Teologi Kristen


Mahasiswa Kristen yang saya maksudkan disini yaitu mereka yang kuliah di Universitas dengan memilih fakultas Teologi maupun Pendidikan AGama Kristen, selain itu mahasiswa yang kuliah di Sekolah Tinggi Teologi Kristen maupun Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri dan Swasta serta Institut Agama Kristen yang ada di beberapa propinsi di Indonesia seperti di Ambon, Toraja, dan beberapa tempat yang saya tidak sempat menyebutkannya disini. Mahasiswa tentu sedang mencari judul Skripsi, Tesis maupun Disertasi. Oleh karena itu dalam kesempatan ini saya memposting sebuah judul karya ilmiah yang sekiranya menjadi inspirasi buat yang sedang cari judul.

Khususn untuk Mahasiswa Teologi Kristen

Pemilihan Gubernur (X1), Pemilihan Presiden (X2) dan Menjadi Sahabat Bagi Semua Orang Berdasarkan Yohanes 15:14-15 (Y).

Masalah penelitian

Pada waktu pemilihan gubernur di tempat tertentu, katakanlah di DKI pada beberapa waktu yang lalu, masyarakat terkotak dalam beberapa kelompok sesuai calon yang dipilih. Demikian juga pemilihan presiden. Akibatnya ada hal-hal yang belum sepenuhnya diterima oleh orang yang pilihannya tidak berhasil. Lalu bagaimana memandang pemimpin yang terpilih secara demokratis. Ada suasana hati yang dapat diduga belum move on. Boleh jadi, kebijakan-kebijakan dari mereka yang menjadi pemimpin belum sepenuhnya diterima karena ada ganjalan dalam hati. Lalu bagaimana hidup sebagai sahabat bagi semua orang berdasarkan Yohanes 15:14-15. Topik ini hanyalah sekadar contoh menemukan masalah penelitian. Silakan dipertimbangkan untuk dikembangkan menjadi masalah penelitian.




Bila judul di atas dikembangkan dalam bentuk terukur atau variabel penelitian maka kita jadikan sbb:

1. Variabel Terikat (Y) = Jemaat Yang Hidup Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang. Judul ini dapat diukur. Bila saya katakan Jemaat maka yang saya maksudkan adalah orang Kristen yang berada dalam suatu denominasi gereja dalam bentuk jemaat lokal. Jemaat itulah yang akan dijadikan sebagai objek penelitian, merekalah yang akan mengisi angket. Angketnya tentang Anggota jemaat yang hidup sebagai sahabat bagi semua orang. Semua orang disini dalam arti sesama orang Kristen maupun sesama saudara sebangsa yang berbeda agama.

2. Pemilihan Gubernur (X1). Apakah pemilihan gubernur juga menjadi sebab orang terpecah dalam kelompok-kelompok tertentu, yang tadinya sahabat menjadi lawan politik dan lain sebagainya.

3. Pemilihan Presiden. Pemilihan presiden khususnya pemilihan presiden dengan dua calon seperti yang sudah terjadi. Ada kelompok-kelompok. Ada yang menggunakan istilah-istilah sebagaimana yang kita kenal dalam pemilihan presiden yang sudah berlalu. Kini masyarakat sudah menyatu. Namun apakah semua sudah move on atau ada ganjalan-ganjalan dalam hati yang dapat menjadi sebab orang Kristen atau anggota jemaat terhalang membangun sikap menjadi sahabat bagi semua orang seperti tema Natal tahun 2019. Ya tema Natal ini lebih dipengaruhi oleh semangat Nasionalisme dan dokumen kemanusiaan seperti dokumen Abu Dhabi. Silakan cari di Internet tentang dokumen ini. Dokumen ini ditandatangani oleh Paus Fransiskus. Untuk lebih jelasnya silakan cari sumber-sumber di internet yang valid.

Demikian dan kiranya bermanfaat

Selamat Tahun Baru 1 Januari 2019.

Tuhan Yesus memberkati

Pada kesempatan ini, saya ucapkan selamat merayakan perayaan Imlek bagi mereka yang merayakannya pada tanggal 25 Januari 2020

Previous Post
Next Post
Related Posts