Mengajar Teknologi Pendidikan

Mengajar Pendidikan Agama Kristen dan Teknologi Pendidikan pengalaman yang menyenangkan. Saya dapat mengembangkan pemahaman di sekitar ilmu tekne yang melogi. Ada kerajinan tetapi juga kreasi atau ide-ide. Dengan begitu teknologi itu ilmu perjumpaan antara kerajinan dan logi. Tidak ada alat yang tanpa ide. Semua alat yang dipakai manusia mengatasi masalah berasal dari ide-ide. Ide-ide itu kemudian diwujudkan melalui seni yang ada pada manusia. Dalam hal ini tekne sebagai kerajinan = alat dan ilmu yang menghasilkan tekne tersebut.

Teknologi Pendidikan merupakan salah satu mata kuliah terapan dan keahlian dalam Program Studi yang diselenggarakan di Perguruan Tinggi berbentuk Universitas. Mereka yang memilih program studi teknologi pendidikan bertujuan untuk menjadi seorang profesional dalam bidang teknologi pendidikan. Itulah sebabnya ada beberapa Universitas yang menyelenggarakan Program Studi Teknologi Pendidikan. Untiversitas yang dimaksud yakni:

1. Universitas Negeri Malang
2. Universitas Negeri Jakarta
3. Universitas Pendidikan Indonesia
4. Universitas Negeri Semarang
5. Universitas Negeri Yogyakarta
6. Universitas Negeri Padang




Bagi Anda yang punya bakan teknologi dan ingin mempersiapkan diri untuk menjadi berguna bagi orang banyak maka Anda dapat memilih di universitas yang menyelenggaran program studi yang dimaksud, dan setelah selesai Anda dapat memilih bekerja sebagai pendidik profesional maupun pekerjaan non edukasi yang juga bergerak dalam bidang teknologi. Namun cocoknya yakni anda harus bergabung dalam dunia pendidikan karena namanya saja Program Studi Teknologi Pendidikan. Agak aneh kalau Teknologi Pendidikan kemudian menjadi ahli hukum. Bisa saja itu terjadi tetapi jika itu terjadi maka salah pilih program studi. Ya teorinya demikian namun kenyataannya bisa berbeda. Ada lagu buah semangka berdaun sirih.

Teknologi Pendidikan tidak hanya bicara alat tetapi ide-ide dan kerajinan yang bercampur menjadi teknologi. Dalam tenologi pasti ada ide dan alat. Alat tidak akan ada tanpa ide. Keduanya berjalan bersama-sama. Menurut wikipedia, “teknologi pendidikan adalah studi dan etika praktik untuk memfasilitasi dan meningkatkan kinerja belajar. Studi dan etika praktik tersebut dapat melalui penciptaan, penggunaan, pengaturan proses, dan sumber daya teknologi (id.Wikipedia.org). Namun apakah definisi teknologi ini membuat seseorang memahami secara tepat tentang teknologi.Jawabannya bisa ya dan tidak! Dikatkan demikian karena teknologi Pendidikan dapat dimengerti sebagai sesuatu proses yang kompleks, dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan, dan organisasi untuk menganalisis masalah, mencari jalan untuk mengatasi permasalahan, melaksanakan, menilai, mengelola pemecahan masalah yang mencakup semua aspek belajar manusia.”(Wikipedia). Jadi, tidak sesederhana arti tentang teknologi. Teknologi memiliki arti yang luas dan dalam. Itulah sebabnya belajar tidak pernah berhenti pada satu tahap penemuan tertentu. Belajar selalu berlangsung.

Mereka yang tamat Sarjana Pendidikan Kristen dapat pula mengambil pendidikan khusus tentang teknologi pendidikan. Setelah selesai maka dapat menerapkan ilmu teknologi pendidikan dalam bidang penmgajaran seperti mengajar Teknologi dan Media PAK.




Previous Post
Next Post
Related Posts