Terima kasih Kepada Google Meet

Malam ini saya (Yonas Muanley) menulis khusus untuk menyampaikan ucapan terimakasih kepada Google Meet. Mengapa saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada google meet? Tentu ada alasannya. Alasan itu saya kemas dalam narasi di laman ini. Oleh karena itu tetap di laman ini dan ikuti narasi ucapan terimakasih dan alasannya.

Pertama, sebagai pengguna setia email dari gmail yang merupakan produk google tentu saya sangat diuntungkan. Google memberi akses kepada siapa saja untuk memiliki email secara gratis dari gmail.com kita dapat membuat email dari gmail lebih dari satu email. Tentu kita menggunakan email secara bertanggungjawab. Saya memiliki email dari gmail dalam kategori relative banyak. Secara kualitatif saya katakana lebih dari satu, namun secara kuantitatif saya katakan saya punya email dari gmail yang berjumlah 20 bahkan lebih. Seluruh email yang saya miliki tentu saya gunakan untuk hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan seperti membuat blog bahan ajar dan hal-hal lain yang berhubungan dengan eksisten sebagai penulis blog. Sering saya juga menggunakan email untuk tujuan ekonomis seperti menghasilkan uang. Saya menggunakan email dari gmail untuk mendaftar pada produk google yang menghasilkan uang seperti google adsense dan sedang merancang untuk masuk ke Youtube. Puji Tuhan bahwa saya sudah memiliki sebuah alat untuk mengambil gambar secara baik untuk video Youtube. Alat yang saya maksud yaitu Tablet mini dari produk terkenal dunia. Saya beli dengan harga Rp 2.500.000,00. Tablet ini tentu tujuan awalnya adalah untuk kepentingan mengajar secara online. Kebetulan saya mengajar di sebuah Universitas Kristen tertua di Indonesia yang letaknya ada di Jakarta Timur. Para dosen dan mahasiswa melakukan perkuliahan secara online dengan menggunakan ms-team. Namun saya belum download aplikasi tersebut. Mudah-mudahan saya dapat mendowload dan menggunakan untuk kegiatan “mengajar secara online”. Jadi, intinya yaitu saya sudah jatuh cinta dengan gmail yang adalah produk google.

Ketika terjadi pandemic Corona-19, kemudian mulai diberlakukan system kerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah dari rumah maka orang mulai mencari aplikasi seperti Zoom. Lalu Google juga mulai menyediakan layanan gratis melalui Video Conference melalui aplikasi Google Meet. Saya tentu diuntungkan karena punya email gmail yang didalamnya tersedia fitur Google Meet. Bila kita menggunakan laptop untuk membuka email dari gmail yang kita miliki maka di dashboard gmail ada ikon Google Meet. Kita tinggal klik dan dapatkan kode kemudian melakukan pertemuan atau perkuliahan online. Sedangkan untuk pengguna handphone Android dll harus mendownload aplikasi google meet untuk kemudian menggunakannya untuk mengajar maupun kuliah secara online.

Dalam konteks mengajar, saya menyampaikan terimakasih karena google meet dapat digunakan tanpa bayar. Dengan demikian dosen dan mahasiswa dapat menggunakan aplikasi google meet untuk perkulaiahan daring atau online dari mana saja. Pemanfaatan Google Meet yang free tentu memberi efisiensi anggaran yang harus dikeluarkan oleh dosen dan mahasiswa dalam hal menggunakan aplikasi video conference untuk perkuliahan online. Google Meet sedndiri menyediakan beberapa pilihan, yaitu ada yang free dengan fitur-fitur yang tentu berbeda dengan yang berbayar. Aplikasi Google Meet yang berbayar seperti: Google Wokspace Essentials dan Google Workspace Enterprise. Harganya silakan kunjungi laman resmi google meet untuk Google Wokspace Essentials dan Google WorkspaceEnterprise

Dosen dan mahasiswa yang masuk pada kategori dosen dan mahasiswa Abraham (kaya) silakan menggunakan dua aplikasi tersebut untuk mengajar. Sedangkan dosen Lazarus (yang penghasilan pas-pasan dapat menggunakan yang free. Saya juga menggunakan free dari Google Meet. Itulah sebabnya saya menyampaikan ucapan terimakasih sebagai dosen kepada Google Meet. Tentu ucapan terimakasih ditujukan kepada manusia. Dalam hal ini kepada pemilik Google Meet. Terimakasih atas pemikiran yang memberi hasil yang bermanfaat untuk seluruh dunia.

Dalam konteks ucapan terimakasih ini dapat diakan penelitian tentang “Guru dan Dosen yang Mengucapkan Terimakasih kepada Google Meet”.

Selamat berterimakasih dan selamat meneliti

Salam

Yonas Muanley

 

Previous Post
Next Post
Related Posts